Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Kine Master Berbasis RADEC pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD

Sulastri, Sinta (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Kine Master Berbasis RADEC pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_SINTA_SULASTRI_18129138_283_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan oleh seorang guru kepada peserta didik agar terjadi proses mendapatkan ilmu pengetahuan. Penggunaan teknologi menjadi keharusan dalam proses pembelajaran saat ini. Penelitian ini bermula ketika kesenjangan kondisi yang peneliti temukan dilapangan, bahwa guru masih menggunakan LKPD yang bersifat sederhana dan belum melakukan pengembangan LKPD tematik terpadu dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakan aplikasi KineMaster berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan 4D tahap I yaitu Define, tahap II yaitu Design, tahap III Develop, Tahap IV Disseminate. LKPD yang dirancang ini di validasi oleh tiga para ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Untuk praktikalitas dilakukan dengan memberikan angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba Lembar produk yang sudah dirancang sebanyak 23 peserta didik di kelas III SDN 11 Tanjung Alai dan subjek penelitian produk sebanyak 25 peserta didik di kelas III SDN 19 Ambacang Anggang. Hasil dari penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan aplikasi KineMaster berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu diperoleh hasil validitas materi 90% berkategori valid, hasil uji validitas bahasa 93,7% berkategori valid, hasil uji validitas media 93,51% berkategori valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil 91,6% dan angket respon peserta didik memperoleh hasil 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan aplikasi KineMaster berbasis RADEC pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar sudah valid dan praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:34
Last Modified: 06 Jul 2023 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44675

Actions (login required)

View Item View Item