Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III SD

Rosman, Zaidinatul (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ZAIDINATUL_ROSMAN_18004233_2473_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa fakta temuan dilapangan. Hal ini disebabkan, karena siswa kesulitan dalam memahami konsep perkalian dan pembagian dan siswa kesulitan dalam memahami perkalian dan pembagian bilangan dua angka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Matematika kelas III SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun Prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu; (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator materi dan 2 orang validator media. Uji coba produk dilakukan kepada 20 orang siswa kelas III di SD Negeri 27 Limau Asam dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas produk yang dikembangkan. Pengembangan multimedia pembelajaran yang hasil penilaiannya dari 2 validator materi dan media, masing-masing sudah dikategorikan “sangat valid”, yang mana mendapatkan nilai 92,30% untuk materi, dan 95,71% untuk media, namun terdapat beberapa revisi pada materi serta media. Hasil analisis uji coba kepraktisan memperoleh nilai rata-rata 91,87% sehingga produk media pembelajaran berada pada kategori “Sangat Praktis”. Uji efektifitas yang telah dilakukan menunjukkan t hitung > t tabel sehingga menunjukkan perbedaan yang lebih tinggi secara signifikan antara pretest dan posttest. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang di hasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran Matematika Kelas III SD. Multimedia pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pretest ke postest.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:28
Last Modified: 05 Jul 2023 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44656

Actions (login required)

View Item View Item