Rosman, Zaidinatul
(2023)
Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada
Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas
III SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi beberapa fakta temuan dilapangan. Hal ini
disebabkan, karena siswa kesulitan dalam memahami konsep perkalian dan
pembagian dan siswa kesulitan dalam memahami perkalian dan pembagian
bilangan dua angka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk
multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Matematika kelas III SD yang
valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan
istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan
4-D. Adapun Prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap
yaitu; (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Uji validitas produk
dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator materi dan 2 orang validator
media. Uji coba produk dilakukan kepada 20 orang siswa kelas III di SD Negeri
27 Limau Asam dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas
produk yang dikembangkan.
Pengembangan multimedia pembelajaran yang hasil penilaiannya dari 2
validator materi dan media, masing-masing sudah dikategorikan “sangat valid”,
yang mana mendapatkan nilai 92,30% untuk materi, dan 95,71% untuk media,
namun terdapat beberapa revisi pada materi serta media. Hasil analisis uji coba
kepraktisan memperoleh nilai rata-rata 91,87% sehingga produk media
pembelajaran berada pada kategori “Sangat Praktis”. Uji efektifitas yang telah
dilakukan menunjukkan t hitung > t tabel sehingga menunjukkan perbedaan yang
lebih tinggi secara signifikan antara pretest dan posttest. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji
validitas, praktikalitas, dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran yang di hasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata
pelajaran Matematika Kelas III SD. Multimedia pembelajaran ini juga dapat
meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dari skor pretest ke postest.
Actions (login required)
|
View Item |