Riswan, Riswan (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi (MPSI) di Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_8_RISWAN_1304403_4729_2022.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dan pengembangan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan model blended learning terhadap perkuliahan MPSI yang valid, efektif, serta praktis untuk mahasiswa STMIK Nurdin Hamzah pada khususnya dan umumnya pada perkuliahan MPSI di Perguruan Tinggi. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan model Borg & Gall (1989) yang dimodifikasi ke dalam lima tahapan: 1) identifikasi masalah dan analisis kebutuhan, 2) perancangan pembuatan model, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) uji lapangan skala kecil, dan revisi awal, 5) uji lapangan skala besar, dan revisi akhir. Model divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan di Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Perangkat pembelajaran berupa silabus, sap materi pembelajaran, dan desain media dilakukan validasi penilaian oleh dosen Pascasarjana Universitas Negeri Jambi, dan Universitas UPI Padang. Hasil penilaian para dosen tersebut, dilanjutkan pengujian reliabilitas inter-rater. Instrumen penelitian juga dilakukan validasi secara empirik dengan aplikasi SPSS 22 terhadap korelasi Pearson Product Moment, sehingga didapat Capaian respon responden, uji realibilitas berdasarkan nilai Cronbach’ Alpha, distribusi frekuensi skor pretest dan posttest, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t, dan Uji Efektivitas, dan Uji Praktikalitas. Hasil penelitian ini diberinama model Blended Learning Center (BLC) berupa aplikasi pembelajaran berbasis degital, didukung dengan buku panduan pengoperasian Manajemen Proyek Sistem Informasi untuk Dosen dan Mahasiswa. Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa model blended learning secara signifikan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Manajemen Proyek Sistem Informasi. Implikasi dari penelitian ini, dapat dilakukan model blended learning untuk proses pengajaran matakuliah lainnya. Peniliti menyarankan, penelitian R&D yang sama dapat dilakukan untuk menguji efektivitas program pembelajaran lainnya
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING | |||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TI Technology Information, Computer |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3 | |||||||||
Depositing User: | Arlianis | |||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2023 03:02 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2023 03:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44646 |
Actions (login required)
View Item |