Transformasi Nilai-Nilai Budaya Minang dalam Pendidikan Karakter Anak Keluarga Perantau Minang (IKM) di Kecamatan panam kota pekanbaru

Yanti, Rini Parmila (2022) Transformasi Nilai-Nilai Budaya Minang dalam Pendidikan Karakter Anak Keluarga Perantau Minang (IKM) di Kecamatan panam kota pekanbaru. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_RINI_PARMILA_YANTI_18169017_1984_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Konsep transformasi sendiri merujuk pada perubahan bentuk dengan tidak menghilangkan unsur lamanya. Sehingga, warisan leluhur kita tetap dapat terwariskan, dengan beberapa sedikit modifikasi. Transformasi bisa diterapkan dalam berbagai strategi, mulai dari cara menggelar kesenian, publikasi, hingga dalam rekayasa sosialnya. Teori yang di gunakan yakni Fungsionalisme Struktural. Talcott Parsons terkenal dengan empat imperatif fungsional bagisistem “tindakan” yaitu skema AGIL. AGIL, fungsi adalah suatu gugusan aktivitas yang diarahkan untuk memenuhi satu atau beberapa kebutuhan sistem. Parsons meyakini bahwa perkembangan masyarakat berkaitan erat dengan perkembangan keempat unsur subsistem utama yaitu kultural (pendidikan), kehakiman (integrasi), pemerintahan (pencapaian tujuan), dan ekonomi (adaptasi). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di Pekanbaru dengan hasil penelitian yang di fokuskan pada empat nilai-nilai budaya Minangkabau, diantara begitu banyak lagi nilai-nilai yang terkandung yakni: Nilai religius Sopan santun yang terkandung dalam “kato nan ampek” Jiwa enterprenership budaya merantau memiliki daya juang dalam kehidupan yang terkandung pada pepatah minang “karakok madang di hulu ba buah ba bungu balun, marantau badan dahulu dirumah paguno balun”

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
CorrectorMontessori, MontessoriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI BUDAYA MINANG
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:51
Last Modified: 04 Jul 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44637

Actions (login required)

View Item View Item