Pengembangan Model Mobile Project Based Learning pada Mata Kuliah Aplikasi Mobile

Wijaya, Rian Farta (2022) Pengembangan Model Mobile Project Based Learning pada Mata Kuliah Aplikasi Mobile. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_RIAN_FARTA_WIJAYA_17193061_199_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengembangan model mobile project based learning, yang diangkat berdasarkan dari permasalahan model pembelajaran project based learning yang belum mendapatkan hasil memuaskan, saat digunakan pada pembelajaran di mata kuliah aplikasi mobile. Model project based learning belum dapat bekerja dengan maksimal, dikarenakan kurangnya motivasi belajar mahasiswa. Mata kuliah aplikasi mobile juga kurang diminati oleh mahasiswa. Ditambah lagi dengan keadaan pandemic covid 19, yang menyebabkan pembelajaran tatap muka, menjadi online. Sehingga masalah yang dihadapi mahasiswa bertambah, seperti harus menyediakan paket data internet yang besar, internet yang stabil, dan lainnya. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi, dan minat belajar mahasiswa. Selain itu, juga dapat digunakan untuk pembelajaran secara online. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan dengan studi pendahuluan, validasi ahli pada instrumen penelitian, dan menguji coba produk. Validasi yang dilakukan ahli pada instrumen, selanjutnya di uji dengan menggunakan uji aiken’s V, dan software SPSS. Hasil dari analisis data yang telah diuji, mendapatkan informasi mengenai validitas, praktikalitas, dan efektifitas dari model yang dikembangkan. Model pembelajaran ini memiliki 6 sintak yaitu, memulai dengan pertanyaan mendasar, mendesain rencana proyek, fokus dengan mobile learning, menguji proyek yang dihasilkan, dan mengevaluasi pengalaman. Model ini juga menghasilkan produk seperti buku model, modul ajar, buku panduan dosen, buku panduan mahasiswa, dan mobile learning yang sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOBILE PROJECT BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:50
Last Modified: 04 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44635

Actions (login required)

View Item View Item