Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Sekolah Menengah Atas

Azizah, Nur (2022) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Sekolah Menengah Atas. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_NUR_AZIZAH_1019457_2809_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang mendapatkan capaian matematika yang rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil ujian harian siswa, hasil ujian nasional, dan skor TIMSS. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu proses pembelajaran yang tidak efektif, siswa yang pasif dalam belajar, atau dikarenakan materi pembelajaran. Pada penelitian ini, pengembangan desain pembelajaran yang dikembangkan adalah rencana pembelajaran dan materi pembelajaran yang berbasis pendidikan matematika realistik (PMR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain dan menghasilkan desain pembelajaran yang valid, praktis dan efektif yang berbasis pendidikan matematika realistik. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp yang terdiri dari penelitia pendahuluan, fase prototipe dan fase asesmen. Teknik Analisa data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan teknik deskriptif, yang mendeskripsikan desain pembelajaran yang valid, praktis dan efektif melalui buku guru dan buku siswa berbasis pembelajarn matematika realistik. Hasil yang ditunjukkan dari pembelajaran pada materi barisan dan deret berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik melalui buku guru dan buku siswa adalah valid, praktis dan efektif. Buku-buku tersebut valid karena buku tersebut memenuhi karakteristik dari validitas baik dari segi isi maupun konsep. Buku buku tersebut dikatakan praktis, karena kedua bukunya mudah untuk digunakan dan dapat dimengerti. Dan pengalokasian waktunya sangat efisien, menarik dan sangat membantu pembelajaran. Selanjutnya, dikataan efektif karena penggunaan desain ini memiliki pengaruh yang besar pada siswa di Sekolah Menengah Atas

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:50
Last Modified: 04 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44634

Actions (login required)

View Item View Item