Ernita, Wisry Dona
(2023)
Pengembangan Desain Game Pembelajaran
Menggunakan Platform Wordwall pada
Tema 3 Makanan Sehat Kelas V Sekolah
Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kondisi pembelajaran saat ini yang semakin maju siswa membutuhkan
media pembelajaran yang mendukung yaitu media pembelajaran yang fleksibel
bisa diakses siswa tanpa harus di dalam kelas. Namun penggunaan media
pembelajaran masih kurang dan terbatas terutama media pembelajaran yang
berbasis teknologi seperti game pembelajaran. Game pembelajaran menggunakan
Wordwall dapat membantu guru mengembangkan media pembelajaran yang
praktis dapat diakses siswa di luar kelas. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini
adalah mengetahui kelayakan dan kepraktisan game pembelajaran tersebut.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model
Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ASSURE yang
memiliki 6 tahap pengembangan yaitu analyze learner, state objectives, select
instructional method, utilize media and materials, require learner participation,
evaluate and revise.
Hasil uji validitas media game pembelajaran oleh ahli media I dikategorikan
“Sangat Valid” dengan nilai tertinggi 5 dan nilai terendah 4, mendapatkan jumlah
keseluruhan poin 53 dengan rata-rata 4,81. Sedangkan data penilaian validitas
media oleh ahli media II juga dikategorikan “Sangat Valid” dengan nilai tertinggi
5 dan nilai terendah 4, jumlah keseluruhan poin 54 dengan rata-rata 4,90. Serta
hasil uji praktikalitas game pembelajaran ini masuk kategori “Sangat Praktis”
dengan memperoleh jumlah skor sebanyak 963 dari skor maksimal 1.000, ratarata
skor 4,8. Pengembangan game pembelajaran menggunakan plarform
Wordwall pada Tema 3 Kelas V Sekolah Dasar layak untuk digunakan sebagai
media pembelajaran dan mendukung proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |