Ayunda, Zyelya Zefra
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu
Menggunakan Model Cooperative Learning
Tipe Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri 12
Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatan yang
ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar peserta didik yang rendah, model
pembelajaran yang kurang variatif dilakukan oleh guru yang membuat peserta didik
kurang aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada
guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share.
Penelitian ini dilaksanakan dengan model Cooperative Learning tipe Think
Pair Share di kelas IV SD Negeri 12 Pagaruyung yang berjumlah 15 orangpeserta
didik. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan.
Disetiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengematan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai
dengan hasil analisis penyusunan : a) Persentase keberhasilan RPP siklus I sebesar
89,8% (B) dan persentase keberhasilan RPP siklus II meningkat menjadi 94% (SB),
b) pelaksanaan aspek guru siklus I memperoleh persentase keberhasilan sebesar
85,9% (B) dan pelaksanaan aspek guru siklus II meningkat menjadi 93,7% (SB),
sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh persentase
keberhasilan sebesar 79,6% (C) dan pelaksanaan aspek peserta didik siklus II
meningkat menjadi 90,6% (B), c) penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada
siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 72,4 (D) sedangkan pada siklus II
nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,6 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |