Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri 12 Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar

Ayunda, Zyelya Zefra (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri 12 Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Zyely_Zefra_Ayunda_18129151_2355_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar peserta didik yang rendah, model pembelajaran yang kurang variatif dilakukan oleh guru yang membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di kelas IV SD Negeri 12 Pagaruyung yang berjumlah 15 orangpeserta didik. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan : a) Persentase keberhasilan RPP siklus I sebesar 89,8% (B) dan persentase keberhasilan RPP siklus II meningkat menjadi 94% (SB), b) pelaksanaan aspek guru siklus I memperoleh persentase keberhasilan sebesar 85,9% (B) dan pelaksanaan aspek guru siklus II meningkat menjadi 93,7% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh persentase keberhasilan sebesar 79,6% (C) dan pelaksanaan aspek peserta didik siklus II meningkat menjadi 90,6% (B), c) penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 72,4 (D) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,6 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:50
Last Modified: 04 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44617

Actions (login required)

View Item View Item