Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung

Filjannah, Niatti (2022) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_NIATTI_FILJANNAH_18016081_7685_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks ceramah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa XI SMA Negeri 2 Sijunjung yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 241 siswa yang tersebar di delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks ceramah dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks ceramah. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung berada pada kualifikasi baik (84.13). Kedua, hasil tes keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung berada pada kualifikasi lebih dari cukup (74.78). Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung dengan r hitung 0.749 > r tabel 0.281 dengan derajat kebebasan n-1 (50- 1=49) dan taraf signifikansi 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 7.83 > 1.68. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi keterampilan membaca siswa, maka akan terampil pula siswa dalam menulis teks ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:55
Last Modified: 04 Jul 2023 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44615

Actions (login required)

View Item View Item