Pengembangan Model Blended Learning berbasis PBL-(Project Based Learning) pada Mata Kuliah Kriptografi

Perangin-Angin, Moch. Iswan (2022) Pengembangan Model Blended Learning berbasis PBL-(Project Based Learning) pada Mata Kuliah Kriptografi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_MOCH_ISWAN_PERANGIN_ANGIN_17193052_200_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perguruan tinggi tidak hanya sekedar materi tetapi juga memiliki kemampuan dibidangnya masing-masing termasuk Kriptografi. Belum tersedianya laboratorium desain keamanan dan minimalnya, sistem keamanan, desain jaringan komputer dan fleksibilitas waktu tatap muka dalam pembahasan materi yang disusun tidak sesuai dengan kompetensi pada mata kuliah ini. Untuk mengatasi kekurangan dalam kegiatan pembelajaran tersebut, maka dilakukan pengembangan model blended learning berbasis project based learning. Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Puslitjaknov yang mereduksi tahapan Borg and Gall menjadi lima tahapan yaitu analisis produk, desain produk awal, validasi dan revisi ahli, uji coba lapangan dan implementasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa STMIK Triguna Dharma Padang yang mengambil mata kuliah Kriptografi pada tahun ajaran 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket dan tes. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan produk penelitian berupa buku, modul, rencana pembelajaran dan manual penggunaan aplikasi pembelajaran. Validasi produk oleh ahli, uji kepraktisan yang dilakukan oleh pengguna dan uji keefektifan dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitian ini adalah: 1) Penelitian telah berhasil mengembangkan model blended learning berbasis project based learning pada mata kuliah Kriptografi, 2) Sintaks model pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari 9 tahapan/sintaks, 3) Dalam menunjang kegiatan pembelajaran, guide book, course outline dan panduan mahasiswa. Semua produk dan model yang dikembangkan telah dikembangkan dan dikategorikan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorKusumaningrum, IndratiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS PBL-(PROJECT BASED LEARNING)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:57
Last Modified: 04 Jul 2023 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44613

Actions (login required)

View Item View Item