Pengembangan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Gaya Bahasa Satire di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

M. Firdaus, M. Firdaus (2022) Pengembangan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Gaya Bahasa Satire di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_M_FIRDAUS_14169016_1775_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kesulitan utama dalam menulis puisi bagi mahasiswa adalah menggunakan majas-majas yang mampu mengungkapkan tujuan puisi, menemukan ide puisi, dan dalam menentukan. Masih sedikit proses pembelajarannya dikaitkan tentang praktik sosial yang digunakan peserta didik untuk menghidupkan kreativitas mereka dalam penulisan puisi. Salah satu wadah mengomunikasikan kritik adalah lewat puisi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan pengembangan model pembelajaran menulis puisi berbasis satire dalam mata kuliah Menulis Karya Sastra di Perguruan Tinggi yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti konsep desain pengembangan model ADDIE. Subjek ujicoba penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 mengambil mata kuliah peminatan Menulis Karya Sastra di FKIP UIR. Jenis data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil diskusi, observasi/pengamatan, dan wawancara, sedangkan data kuantitatif dari instrumen validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen efektivitas. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini terdiri dari: 1) Buku Model Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Satire ; 2) Buku Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Satire ; dan 3) Modul Pembelajaran Menulis Puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran menulis puisi berbasis satire dalam mata kuliah Menulis Karya Sastra di Perguruan Tinggi dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Dengan demikian, Model Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Satire dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran menulis puisi di perguruan tinggi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:57
Last Modified: 04 Jul 2023 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44610

Actions (login required)

View Item View Item