Pengembangan Model Pelatihan Supervisi Akademik Berbasis Competency Based Training (CBT) Bagi Pengawas Sekolah Dasar

Erpidawati, Erpidawati (2022) Pengembangan Model Pelatihan Supervisi Akademik Berbasis Competency Based Training (CBT) Bagi Pengawas Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ERPIDAWATI_14169038_289_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian kelemahan yang secara umum dialami oleh pihak penyelenggara pelatihan. Kelemahan tersebut antara lain : (1) penyelenggara belum menerapkan manajemen pelatihan secara benar, (2) pelatihan diselenggarakan tidak berdasarkan pengukuran kompetensi (need assessment), sehingga materi-materi yang dilatihkan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta latih, (3) pelatihan lebih banyak bersifat menjalankan ketentuan-ketentuan Petunjuk Operasional yang ada pada proyek dan berbagai persoalan lain dan pelatihan yang diikuti pengawas mendapatkan pelatihan fungsional ketika mencalonkan diri sebagai pengawas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan model pelatihan pengawas sekolah berbasis competency based training (CBT) yang valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model procedural. Pengujian efektivitas produk dilakukan melalui one group pretest posttest yang telah melibatkan sebanyak 15 orang pengawas sekolah Kota Padang, sementara uji praktikalitas melibatkan 3 orang Instruktur dari Universitas Negeri Padang dan Dinas pendidikan Kota Padang. Analisis data dilakukan terhadap data yang sudah terkumpul secara lengkap sesuai dengan bentuk datanya. Data kulitatif dianalisis secara deskriptif argumentatif berdasarkan teori-teori terkait untuk memperoleh hasil kajian yang sesuai dengan sasaran penelitian. Hasil penelitian mengembangkan model pelatihan supervisi akademik berbasis competency based training, dari hasil pengembangan model melahikan 4 buku model pelatihan, buku panduan peserta dan instruktur dan buku materi pelatihan, buku yang dihasilkan termasuk terkategori valid setelah dinilai oleh validator. Buku Model pelatihan nilai rata-rata 4.51 dengan kategori sangat valid, buku panduan peserta nilai rata-rata 4.37 dengan kategori valid, buku panduan Instruktur nilai rata-rata 4.38 dengan kategori sangat valid dan buku materi pelatihan nilai rata-rata 4.31 dengan kategori sangat valid. Hasil pengembangan model pelatihan supervisi akademik berbasis competency based training dinyatakan praktis. Menurut Instruktur model pelatihan supervisi akademik berbasis competency based training mendapat nilai rata-rata 4.26 terkategori praktis dan menurut peserta pelatihan dengan rata-rata 4.20 pada kategori sangat praktis. Hasil pengembangan model peltihan supervisi akademik berbasis competency based training dinyatakan efektif setelah dilakukan uji efektifitas. Dengan penerapan model pelatihan supervisi akademik berbasis competency based training, df 13 untuk taraf nyata 0,05 didapat p-value = 0.013 < 0.05. Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pelatihan sebelum dan sesudah menggunakan model peltihan supervisi akademik berbasis competency based training.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
CorrectorMarsidin, SufyarmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COMPETENCY BASED TRAINING (CBT)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:56
Last Modified: 04 Jul 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44605

Actions (login required)

View Item View Item