Syahnur, Fajriati
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
Model Problem Based Learning (PBL) di SDN 05
Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten
Dharmasraya. Hal ini desebabkan karena guru masih belum optimal dalam
pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, peserta didik kurang aktif dalam
kegiatan pembelajaran, peserta didik tidak berani mengemukakan pendapat dalam
proses pembelajaran, serta peserta didik cenderung bersifat individual dalam
kegiatan diskusi kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV
SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya.
Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas IV. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan
jenis pendekatan Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari
empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I
memperoleh rata-rata persentase 90,91% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan
pada siklus II memperoleh persentase 95,45% (SB); b) pelaksanaan proses
pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata persentase keberhasilan
85,87% (B) dan siklus II 93,75% (SB); c) pelaksanaan aspek peserta didik siklus I
memperoleh rata-rata persentase 85,87% (B) dan siklus II 93,75% (SB); d) hasil
belajar peserta didik siklus I memperoleh rat-rata 80,39 (B) dan siklus II 92,42 (SB).
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya.
Actions (login required)
|
View Item |