Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya

Syahnur, Fajriati (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Fajriati_Syahnur_18129177_315_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Hal ini desebabkan karena guru masih belum optimal dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik tidak berani mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran, serta peserta didik cenderung bersifat individual dalam kegiatan diskusi kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 90,91% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada siklus II memperoleh persentase 95,45% (SB); b) pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata persentase keberhasilan 85,87% (B) dan siklus II 93,75% (SB); c) pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 85,87% (B) dan siklus II 93,75% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rat-rata 80,39 (B) dan siklus II 92,42 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:40
Last Modified: 03 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44578

Actions (login required)

View Item View Item