Dwilanda AR, Faresti
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di
Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa pada proses
pembelajaran guru belum memancing rasa ingin tahu peserta didik serta belum
menggunakan model pembelajaran saat mengajar. Karena itu, peserta didik
kurang berpartisipasi dalam pembelajaran dan kurang berpikir kritis dalam
mengidentifikasi masalah yang diberikan. Sehingga peserta didik belum bisa
memahami konsep yang dipelajari secara mandiri. Hal tersebut menyebabkan
hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Tujuan penelitian untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
tematik terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN
10 Bandar Buat Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur penelitian terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini
adalah RPP, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning.
Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 10 Bandar Buat.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP siklus I
memperoleh rata-rata 89,6% (B), meningkat pada siklus II 95,8% (SB), b)
aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 83,9% (B), meningkat pada siklus II
96,4% (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 82,2% (B),
meningkat pada siklus II 96,4% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,8 (B), meningkat pada siklus II 87,3 (B).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik
terpadu di kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |