Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang

Dwilanda AR, Faresti (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FARESTI_DWILANDA_AR_19129116_4438_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa pada proses pembelajaran guru belum memancing rasa ingin tahu peserta didik serta belum menggunakan model pembelajaran saat mengajar. Karena itu, peserta didik kurang berpartisipasi dalam pembelajaran dan kurang berpikir kritis dalam mengidentifikasi masalah yang diberikan. Sehingga peserta didik belum bisa memahami konsep yang dipelajari secara mandiri. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan 2 siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini adalah RPP, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 10 Bandar Buat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 89,6% (B), meningkat pada siklus II 95,8% (SB), b) aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 83,9% (B), meningkat pada siklus II 96,4% (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 82,2% (B), meningkat pada siklus II 96,4% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,8 (B), meningkat pada siklus II 87,3 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:40
Last Modified: 03 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44577

Actions (login required)

View Item View Item