Rancang Bangun Sistem Parkir Menggunakan Plc Outseal Berbasis Internet of Things (IoT)

Violinda, Riski Sahira (2022) Rancang Bangun Sistem Parkir Menggunakan Plc Outseal Berbasis Internet of Things (IoT). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RISKI_SAHIRA_VIOLINDA_1806503_6118_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Padatnya lahan parkir dan ketidaktahuan pengguna akan ketersediaan parkir membuat pengguna tidak nyaman. serta pengelola tidak dapat melihat secara realtime pendapatan parkir tiap hari. Untuk itu penelitian ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi mengenai ketersediaan lahan parkir yang bisa diakses melalui aplikasi berbasis Internet of Things. Metode waterfall digunakan dalam penelitian ini yang meliputi analisis kebutuhan, desain, penulisan program dan testing. Hasilnya pengelola bisa melihat pendapatan parkir secara realtime dan mengisi saldo parkir untuk pengguna sebagai penunjang ekonomi dalam berwirausaha. Sensor yang digunakan adalah sensor RFID untuk mendeteksi kartu parkir sekaligus media pembayaran parkir, adanya kartu parkir membuat pengguna lebih aman dan kendaraan lebih terproteksi karna kartu parkir adalah akses untuk keluar parkir, sensor silinder proximity untuk mendeteksi kendaraan agar masuk dan sensor fotolistrik untuk menambah dan mengurangi pengguna parkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
CorrectorJaya, PutraUNSPECIFIED
CorrectorFaiza, DelsinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RANCANG BANGUN, SISTEM PARKIR, INFORMASI.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:00
Last Modified: 04 Jul 2023 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44569

Actions (login required)

View Item View Item