Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Flipped Classroom Learning (CIRC-b-FCL) bagi Pembelajaran Paragraph Reading di Perguruan Tinggi

Harida, Eka Sustri (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Flipped Classroom Learning (CIRC-b-FCL) bagi Pembelajaran Paragraph Reading di Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_EKA_SUSTRI_HARIDA_14169005_3380_2022.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran CIRC-b-FCL yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi. Pengembangan ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di lapangan serta analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa. Dalam melakukan pengembangan model CIRC-bFCL ini digunakan Model Pengembangan ADDIE: Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluation. Hal ini dilakukan dalam rangka mengembangkan model pembelajaran CIRC-b-FCL beserta seluruh komponen pendukungnya, seperti buku model, buku panduan mahasiswa, dan perangkat pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan tes membaca. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa, dosen, dan pimpinan di IAIN Padangsidimpuan. Selanjutnya dalam penelitian ini juga melibatkan tenaga ahli untuk melakukan evaluasi terhadap instrumen yang digunakan dan model yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIRC-b-FCL dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa untuk pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model yang dikembangkan sesuai untuk pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi; hal ini diketahui dari nilai validitas dan kepraktisan yang cukup tinggi. Nilai validitas model adalah 90%, sementara nilai praktikalitas dilihat dari dua aspek, dari mahasiswa (79%) dan dari validator (87%). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC-b-FCL dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran paragraph reading dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas belajar, kemampuan memahami paragraph, serta sikap mahasiswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan di kelas kontrol. Hasil membaca paragraf mahasiswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol (79,47 > 68,53), dan sikap mahasiswa dalam posisi yang sangat baik yakni 82%. Selanjutnya, dilihat dari pengujian hipotesis denngan hasil signifikansi 0,019 dan dinyatakan lebih kecil dari 0.05; sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC-b-FCL yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ini, direkomendasikan kepada dosen untuk menggunakan model CIRC-b-FCL ini sebagai salah satu model pembelajaran untuk pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi. Model ini tidak saja dapat digunakan untuk reading, tetapi juga direkomendasikan untuk pembelajaran Bahasa Inggris lainnya, khususnya untuk pembelajaran writing

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJufrizal, JufrizalUNSPECIFIED
CorrectorSyarif, HermawatiUNSPECIFIED
CorrectorRatmanida, RatmanidaUNSPECIFIED
CorrectorZaim, MUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorKustati, MartinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:03
Last Modified: 04 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44568

Actions (login required)

View Item View Item