Pengembangan Alur Belajar Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Topik Barisan dan Deret

Amsari, Dina (2022) Pengembangan Alur Belajar Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Topik Barisan dan Deret. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_DINA_AMSARI_18169005_1401_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa alur belajar matematika khususnya untuk materi barisan dan Deret yang termuat dalam buku teks di sekolah belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, serta belum mampu menumbuhkan belief peserta didik terhadap matematika. Oleh karena itu, perlu dirancang alur belajar dalam bentuk aktvitas berdasarkan pengalaman peserta didik. Penelitian ini dilakukan guna menghasilkan alur belajar pada pembelajaran barisan dan deret berbasis Contextual Teaching and Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Secara operasional, desaian alur belajar terwujud dalam buku guru dan buku siswa. Untuk menghasilkan alur belajar berbasis CTL digunakan design research yaitu model Plomp dan model Graveimeijer & Cobb dengan tiga fase. Pada fase pertama dilakukan penelitian pendahuluan (preliminary research/preparing for the experiment) yang terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep dan literature review. Pada fase kedua dilakukan pengembangan (development or prototyping phase/design experiment) dengan serangkaian evaluasi formatif seperti self-evaluation, validasi ahli, one to one evaluation, dan small group evaluation. Selanjutnya pada fase ketiga dilakukan penilaian (assessment phase/retrospective analysis) melalui field test dan melalukan refleksi terhadap alur belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, pemberian angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dan uji statistik. Dari hasil penelitian dihasilkan alur belajar berbasis CTL yang memenuhi kriteria valid dengan karakteristik: aktivitas dalam alur belajar memfasilitasi peserta didik untuk melakukan proses matematika yang dimulai dengan konteks nyata menuju matematika formal, interaktif, berpusat kepada peserta didik dan merefleksikan art of knowledge dari CTL. Produk penelitian juga memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik alur belajar dapat berjalan pada semua level peserta didik, membantu peserta didik dalam menemukan konsep, mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan waktu yang disediakan cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran. Alur belajar berbasis CTL memenuhi kriteria efektif dengan karakteristik berdampak positif terhadap belief matematika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Ratu Ilma IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: N ALUR BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:03
Last Modified: 04 Jul 2023 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44567

Actions (login required)

View Item View Item