Amsari, Dina
(2022)
Pengembangan Alur Belajar Matematika Berbasis Contextual
Teaching and Learning (CTL) untuk Topik Barisan dan Deret.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa alur belajar matematika khususnya
untuk materi barisan dan Deret yang termuat dalam buku teks di sekolah belum mampu
mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, serta belum mampu
menumbuhkan belief peserta didik terhadap matematika. Oleh karena itu, perlu dirancang
alur belajar dalam bentuk aktvitas berdasarkan pengalaman peserta didik. Penelitian ini
dilakukan guna menghasilkan alur belajar pada pembelajaran barisan dan deret berbasis
Contextual Teaching and Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif bagi
peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Secara operasional, desaian alur belajar
terwujud dalam buku guru dan buku siswa.
Untuk menghasilkan alur belajar berbasis CTL digunakan design research yaitu
model Plomp dan model Graveimeijer & Cobb dengan tiga fase. Pada fase pertama dilakukan
penelitian pendahuluan (preliminary research/preparing for the experiment) yang terdiri dari
analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep dan literature
review. Pada fase kedua dilakukan pengembangan (development or prototyping phase/design
experiment) dengan serangkaian evaluasi formatif seperti self-evaluation, validasi ahli, one to
one evaluation, dan small group evaluation. Selanjutnya pada fase ketiga dilakukan penilaian
(assessment phase/retrospective analysis) melalui field test dan melalukan refleksi terhadap
alur belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, pemberian angket, dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dan uji statistik.
Dari hasil penelitian dihasilkan alur belajar berbasis CTL yang memenuhi kriteria
valid dengan karakteristik: aktivitas dalam alur belajar memfasilitasi peserta didik untuk
melakukan proses matematika yang dimulai dengan konteks nyata menuju matematika
formal, interaktif, berpusat kepada peserta didik dan merefleksikan art of knowledge dari
CTL. Produk penelitian juga memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik alur belajar
dapat berjalan pada semua level peserta didik, membantu peserta didik dalam menemukan
konsep, mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan waktu yang disediakan cukup
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Alur belajar berbasis CTL memenuhi kriteria efektif
dengan karakteristik berdampak positif terhadap belief matematika dan kemampuan
pemecahan masalah peserta didik.
Item Type: |
Thesis
(Doctoral)
|
Contributors: |
Contribution | Contributors | Email |
---|
Thesis advisor | Arnawa, I Made | UNSPECIFIED | Corrector | Ganefri, Ganefri | UNSPECIFIED | Corrector | Rozimela, Yenni | UNSPECIFIED | Corrector | Fauzan, Ahmad | UNSPECIFIED | Corrector | Yerizon, Yerizon | UNSPECIFIED | Corrector | Fauzan, Ahmad | UNSPECIFIED | Corrector | Putri, Ratu Ilma Indra | UNSPECIFIED |
|
Uncontrolled Keywords: |
N ALUR BELAJAR MATEMATIKA
BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND
LEARNING (CTL) |
Subjects: |
L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: |
Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: |
Arlianis
|
Date Deposited: |
27 Jun 2023 08:03 |
Last Modified: |
04 Jul 2023 00:59 |
URI: |
http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44567 |
Actions (login required)
|
View Item |