Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Novelina, Livia (2022) Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_LIVIA_NOVELINA_18016024_6724_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang sebelum menggunakan metode SQ4R. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang sesudah menggunakan metode SQ4R. Ketiga, menganalisis pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 256 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebelum menggunakan metode SQ4R dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sesudah menggunakan metode SQ4R. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan metode SQ4R. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebelum menggunakan metode SQ4R siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 66,10. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sesudah menggunakan metode SQ4R siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan rata-rata 89,02. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (n-1) karena thitung>ttabel, yaitu (2,91>1,70). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu terdapat pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks eksposis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE SQ4R, KETERAMPILAN MEMBACA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:48
Last Modified: 27 Jun 2023 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44545

Actions (login required)

View Item View Item