Rancang Bangun Sistem Informasi I-Dapodik Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kota Bukittinggi.

Rahmanita, Lisa (2022) Rancang Bangun Sistem Informasi I-Dapodik Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_LISA_RAHMANITA_18076080_4694_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi merupakan perwakilan kementrian pendidikan di wilayah Kota Bukittinggi yang bertugas untuk melakukan pengelolaan data. Pada pelaksanaannya, terdapat keterbatasan akses dinas pendidikan ke sistem dapodik pusat, yang menyebabkan data yang dimiliki dinas pendidikan tidak rinci, sehingga menjadi kendala bagi dinas pendidikan untuk memenuhi permintaan data dari pihak-pihak yang membutuhkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memberikan layanan informasi, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode Extreme Programming. Metode ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya tahapan design, planning, coding dan testing. Arsitektur sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel dan MySQL sebagai database. Hasil dari tugas akhir ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi I-Dapodik yang difokuskan pada pengelolaan data sekolah, guru, peserta didik, serta sarana dan prasarana.Diharapkan dengan adanya sistem ini dapat mengurangi permasalahan yang terjadi dengan memberikan kemudahan dalam mencari informasi mengenai satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovaliendry, DonyUNSPECIFIED
CorrectorBudayawan, KhairiUNSPECIFIED
CorrectorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RANCANG BANGUN, SISTEM INFORMASI EXTREME PROGRAMMING
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:55
Last Modified: 26 Jun 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44526

Actions (login required)

View Item View Item