Sannia, Attra
(2023)
Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap
Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina 01 Linggo Sari
Baganti.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurang berkembangnya
kepercayaan diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pengaruh metode bermain peran makro terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6
tahun di TK Pembina 01 Linggo Sari Baganti.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi
Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di TK Pembina 01 Linggo sari Baganti di
dua kelas, yakni kelompok bermain B3 sebagai kelas ekperimen sebanyak 13
anak dan kelmpok bermain B4 sebagai kelas kontrol sebanyak 13 anak. Teknik
dalam mengumpulkan data menggunakan instrument penelitian berupa indikatorindikator
yang akan dicapai sebanyak 7 butir item, yang dilakukan melalui tes
perbuatan. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta
hipotesis.
Berdasarkan analisis data, secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap
kelas kontrol dan eksperimen. Skor pre-test 206 dan skor post-test 281,
sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 15,85 dan
21,62. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 210
dan 309, dengan hasil rata-rata pre-test 16,15 dan post-test 23,77. Data yang
dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan
Independent sample t-test nilai sig (2- tailed) 0,019 yaitu lebih kecil dari 0,05,
jadi dari data tersebut terlihat adanya pengaruh metode bermain peran makro
untuk peningkatan kepercayaan diri anak di TK Pembina 01 Linggo Sari Baganti.
Actions (login required)
|
View Item |