Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina 01 Linggo Sari Baganti

Sannia, Attra (2023) Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina 01 Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ATTRA_SANNIA_18022150_1155_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurang berkembangnya kepercayaan diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bermain peran makro terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Pembina 01 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di TK Pembina 01 Linggo sari Baganti di dua kelas, yakni kelompok bermain B3 sebagai kelas ekperimen sebanyak 13 anak dan kelmpok bermain B4 sebagai kelas kontrol sebanyak 13 anak. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan instrument penelitian berupa indikatorindikator yang akan dicapai sebanyak 7 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data memakai uji normalitas, homogenitas serta hipotesis. Berdasarkan analisis data, secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap kelas kontrol dan eksperimen. Skor pre-test 206 dan skor post-test 281, sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 15,85 dan 21,62. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 210 dan 309, dengan hasil rata-rata pre-test 16,15 dan post-test 23,77. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2- tailed) 0,019 yaitu lebih kecil dari 0,05, jadi dari data tersebut terlihat adanya pengaruh metode bermain peran makro untuk peningkatan kepercayaan diri anak di TK Pembina 01 Linggo Sari Baganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorHarta, SriUNSPECIFIED
CorrectorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:51
Last Modified: 26 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44520

Actions (login required)

View Item View Item