Defita, Annisa Ayu
(2023)
Pendekatan Orang Tua Mendampingi Belajar
Anak dalam Keluarga di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur,
Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Peran orang tua memiliki pengaruh dalam membuat anaknya berhasil
dengan pendidikan nya. Interaksi antara anak dengan orang tuanya sangatlah
berpengaruh dalam meningkatkan semangat belajar anak. Anak-anak usia sekolah
ini tentu perlu pendampingan dalam belajar di rumah. Maka dari itu diperlukan
berbagai pendekatan agar anak mau mematuhi apa yang dikatakan oleh orang
tuanya.
Penelitian ini bersifat kualitatif untuk melibatkan subjek penelitian dalam
percakapan yang terjadi secara organik. Peneliti menggunakan metodologi studi
kasus untuk mengeksplorasi bagaimana orang tua mendukung pembelajaran
anak-anak mereka dalam keluarga di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur,
Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Penelitian kualitatif ini berusaha untuk
berinteraksi dengan subjek penelitiannya. Dalam hal ini peneliti menyelidiki
tentang cara bertindak menurut cara sumber informasi yaitu orang tua yang mana
anaknya sedang sekolah. Peneliti langsung mengamati dan mewawancarai subjek
penelitian untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik kajian
sehingga dapat diatur dan lebih terarah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di RW II Kelurahan Parak Gadang
Timur Kecamatan Padang Timur terdapat beberapa pendekatan orang tua dalam
mendampingi belajar anak dalam keluarga di mana orang tua berperan sebagai
pendidik dan anak sebagai peserta didik di rumah. Hal ini dikarenakan keluarga
merupakan pusat pendidikan anak sejak dini.
Actions (login required)
|
View Item |