Pendekatan Orang Tua Mendampingi Belajar Anak dalam Keluarga di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang

Defita, Annisa Ayu (2023) Pendekatan Orang Tua Mendampingi Belajar Anak dalam Keluarga di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ANNISA_AYU_DEFITA_16005051_1783_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran orang tua memiliki pengaruh dalam membuat anaknya berhasil dengan pendidikan nya. Interaksi antara anak dengan orang tuanya sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan semangat belajar anak. Anak-anak usia sekolah ini tentu perlu pendampingan dalam belajar di rumah. Maka dari itu diperlukan berbagai pendekatan agar anak mau mematuhi apa yang dikatakan oleh orang tuanya. Penelitian ini bersifat kualitatif untuk melibatkan subjek penelitian dalam percakapan yang terjadi secara organik. Peneliti menggunakan metodologi studi kasus untuk mengeksplorasi bagaimana orang tua mendukung pembelajaran anak-anak mereka dalam keluarga di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Penelitian kualitatif ini berusaha untuk berinteraksi dengan subjek penelitiannya. Dalam hal ini peneliti menyelidiki tentang cara bertindak menurut cara sumber informasi yaitu orang tua yang mana anaknya sedang sekolah. Peneliti langsung mengamati dan mewawancarai subjek penelitian untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik kajian sehingga dapat diatur dan lebih terarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kecamatan Padang Timur terdapat beberapa pendekatan orang tua dalam mendampingi belajar anak dalam keluarga di mana orang tua berperan sebagai pendidik dan anak sebagai peserta didik di rumah. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan pusat pendidikan anak sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorJalius, JaliusUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:01
Last Modified: 26 Jun 2023 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44501

Actions (login required)

View Item View Item