Putri, Anindi
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran
Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD Negeri 05
Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya
pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru yaitu guru
kurang memberikan kesempatan berpikir kritis kepada peserta didik untuk mencari
dan mengolah berbagai informasi karena peserta didik cenderung diberitahu oleh
guru bukan peserta didik yang mencari tahu.Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
terpadu dengan menggunakan model Inkuiri di kelas V SD Negeri 05 Koto Tuo
Kabupaten Lima Puluh Kota.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 05 Koto Tuo Kabupaten Lima
Puluh Kota dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta siswa di kelas V.
Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian
Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi 4
tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di
siklus I diperoleh rata-rata 80,50%(B) dan pada siklus II meningkat menjadi
97,22%(A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata
yaitu 82,81%(B), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%(A). Aspek peserta
didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79,68(C), dan pada siklus II meningkat
menjadi 90,62%(A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata
76,02 dan pada siklus II meningkat menjadi 92,57.Dengan demikian model Inkuiri
dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah
dasar.
Actions (login required)
|
View Item |