Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD Negeri 05 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota

Putri, Anindi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD Negeri 05 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ANINDI_PUTRI_19129192_4455_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru yaitu guru kurang memberikan kesempatan berpikir kritis kepada peserta didik untuk mencari dan mengolah berbagai informasi karena peserta didik cenderung diberitahu oleh guru bukan peserta didik yang mencari tahu.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Inkuiri di kelas V SD Negeri 05 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 05 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta siswa di kelas V. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi 4 tahap prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 80,50%(B) dan pada siklus II meningkat menjadi 97,22%(A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,81%(B), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%(A). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79,68(C), dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62%(A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,02 dan pada siklus II meningkat menjadi 92,57.Dengan demikian model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:01
Last Modified: 26 Jun 2023 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44497

Actions (login required)

View Item View Item