Aulia, Afifah
(2023)
Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle untuk
Meningkatkan Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran IPS Siswa Tunagrahita
Ringan (Penelitian Tindakan Kelas V/C di SLB Aisyiyah Sijunjung)
Mahasiswa S1.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran menjadi sebuah kegiatan interaksi antara guru dengan siswa.
Tidak hanya guru yang berperan dalam kegiatan pembelajaran, namun siswa
memiliki peran yang penting di mana keaktifan dari siswa menjadi salah satu poin
agar tercapainya tujuan pembelajaran. Namun, pada kenyataannya siswa menjadi
sangat pasif dalam seluruh kegiatan belajar. Padahal, kegiatan pembelajaran saat
ini berfokus pada siswa atau disebut dengan student center. Oleh karenanya,
permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, ―Bagiamana
penerapan strategi pembelajaran learning cycle untuk menigkatkan partisipasi
aktif dalam pembelajaran IPS siswa tunagrahita ringan?‖
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
atau dikenal dengan class action research, dengan tujuan untuk melihat proses
dan sekaligus hasil dari penerapan strategi pembelajaran learning cycle pada
keaktifan siswa tunagrahita. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model
penelitian Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri atas tahap-tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam
pembelajaran IPS tema Keselamatan di Perjalanan pada semester Juli-Desember
2022. Jumlah murid di dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang akan
menjalani dua macam siklus, siklus pertama berisi empat pertemuan dan siklus
kedua berisi tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan aktivitas partisipasi siswa
selama kegiatan pembelajaran pada siklus I, hasil yang diperoleh dari hasil
observasi aktivitas siswa adalah 44% kategori cukup baik dan belum mencapai
kategori yang diinginkan. Di siklus II kegiatan pembelajaran telah sesuai dengan
tahap-tahap strategi pembelajaran learning cycle dan menunjukkan hasil 75%
dengan kategori baik. Dengan hasil observasi itu dapat disimpulkan jika
penggunaan strategi learning cycle mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa
kelas V/C SLB Aisyiyah Sijunjung.
Actions (login required)
|
View Item |