Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran IPS Siswa Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas V/C di SLB Aisyiyah Sijunjung) Mahasiswa S1

Aulia, Afifah (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran IPS Siswa Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas V/C di SLB Aisyiyah Sijunjung) Mahasiswa S1. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Afifah_Aulia_18003116_2909_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menjadi sebuah kegiatan interaksi antara guru dengan siswa. Tidak hanya guru yang berperan dalam kegiatan pembelajaran, namun siswa memiliki peran yang penting di mana keaktifan dari siswa menjadi salah satu poin agar tercapainya tujuan pembelajaran. Namun, pada kenyataannya siswa menjadi sangat pasif dalam seluruh kegiatan belajar. Padahal, kegiatan pembelajaran saat ini berfokus pada siswa atau disebut dengan student center. Oleh karenanya, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, ―Bagiamana penerapan strategi pembelajaran learning cycle untuk menigkatkan partisipasi aktif dalam pembelajaran IPS siswa tunagrahita ringan?‖ Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau dikenal dengan class action research, dengan tujuan untuk melihat proses dan sekaligus hasil dari penerapan strategi pembelajaran learning cycle pada keaktifan siswa tunagrahita. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model penelitian Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri atas tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam pembelajaran IPS tema Keselamatan di Perjalanan pada semester Juli-Desember 2022. Jumlah murid di dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang akan menjalani dua macam siklus, siklus pertama berisi empat pertemuan dan siklus kedua berisi tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan aktivitas partisipasi siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I, hasil yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa adalah 44% kategori cukup baik dan belum mencapai kategori yang diinginkan. Di siklus II kegiatan pembelajaran telah sesuai dengan tahap-tahap strategi pembelajaran learning cycle dan menunjukkan hasil 75% dengan kategori baik. Dengan hasil observasi itu dapat disimpulkan jika penggunaan strategi learning cycle mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa kelas V/C SLB Aisyiyah Sijunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorKasiyati, KasiyatiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:25
Last Modified: 23 Jun 2023 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44483

Actions (login required)

View Item View Item