Pengaruh LKPD Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Adabiah 2 Padang

Oktavia, Shinta Sari (2023) Pengaruh LKPD Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_SHINTA_SARI_OKTAVIA_18033168_2025_2023_(3 Mar).pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 merupakan hal yang penting untuk peserta didik karena dapat membuat peserta didik mempunyai kemampuan dalam belajar dan mempunyai inovasi dalam belajar. Pembelajaran pada abad ke-21 dikenal dengan istilah 4C, diantaranya communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi), critical thinking (berpikir kritis), dan creativity (kreativitas). Salah satu kecakapan abad ke-21 dari 4C tersebut adalah critical thinking (berpikir kritis). Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, maka dalam pembelajaran memerlukan model pembelajaran salah satunya seperti inkuiri terbimbing. Selain itu, juga memerlukan penunjang pembelajaran salah satunya seperti LKPD. Pada penelitian ini indikator berpikir kritis yang diamati hanya 3 indikator yaitu, analisis, evaluasi, dan inferensi, karena kemampuan peserta didik pada 3 indikator ini masih rendah. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terutama pada 3 indikator adalah menggunakan LKPD dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Randomized Control Group Only Design. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan teknik mata uang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan taraf nyata 0,05. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai Thitung lebih besar daripada Ttabel (Thitung > Ttabel)dengan hasil 2,23 dan 1,99. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dari itu, LKPD dengan model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliaUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, LKPD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:10
Last Modified: 22 Jun 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44466

Actions (login required)

View Item View Item