Analisis Tingkat Keterpenuhan Item Soal Ulangan Harian Fisika dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Literasi Membaca dan Literasi Numerasi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kamang Magek

Khairi, Luthfiyah (2023) Analisis Tingkat Keterpenuhan Item Soal Ulangan Harian Fisika dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Literasi Membaca dan Literasi Numerasi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kamang Magek. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_LUTHFIYAH_KHAIRI_18033035_1813_2023_(23 Feb).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterpenuhan kisi-kisi, tingkat keterpenuhan indikator AKM untuk literasi membaca, dan tingkat keterpenuhan indikator AKM untuk literasi numerasi di SMA Negeri 1 Kamang Magek kelas XI MIPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan langkah-langkah analisis masalah, pengumpulan data, analisis kuantitatif berupa uji validasi dan reliabilitas, analisis Keterpenuhan kisikisi, analisis Keterpenuhan item soal ulangan harian dengan komponen AKM. Data yang di analisis di peroleh dari soal ulangan harian berbasis AKM, kisi-kisi, lembar jawaban siswa. Data yang terkumpul diolah menggunakan perbandingan aspek AKM yang terpenuhi dengan jumlah keseluruhan aspek AKM untuk mengetahui persentase Keterpenuhan soal ulangan harian dengan soal AKM. Setelah di lakukan analisis soal terbukti bahwa semua butir sudah valid. Selanjutnya hasil uji reliabilitas yang dibuat guru menunjukkan reliabilitas dengan angka 0,57 kompetensi dasar 3.1 dikategorikan reliabel sedang, kompetensi dasar 3.2 kategori reliabel sedang dengan angka 0,57, kompetensi dasar 3.3 reliabilitas sedang dengan angka 0,468, kompetensi dasar 3.4 reliabilitas tinggi dengan angka 0,726, dan kompetensi dasar 3.5 relibel tinggi dengan angka 0,603. Kisi-kisi yang dibuat guru belum memenuhi kisi-kisi soal AKM. Persentase tingkat Keterpenuhan untuk literasi membaca 58,54%. Persentase tingkat Keterpenuhan untuk literasi numerasi 63,67%. Mengacu pada hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tingkat Keterpenuhan soal yang dibuat guru dengan AKM untuk literasi membaca dikategorikan cukup dan tingkat Keterpenuhan soal yang dibuat guru dengan AKM untuk literasi numerasi dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Analisis tingkat keterpenuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:09
Last Modified: 22 Jun 2023 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44464

Actions (login required)

View Item View Item