Evaluasi Program Kepramukaan di Gugus Depan Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Kuranji Kota Padang

Kaisar, Teddy Gunawan (2022) Evaluasi Program Kepramukaan di Gugus Depan Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Kuranji Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_TEDDY_GUNAWAN_KAISAR_20199062_7550_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tujuan program kepramukan; (2) kualifikasi latar belakang Pembina dan kesesauaian sarana prasarana (3) proses pelaksanaan pembelajran kepramukaan, dan (4) prestasi peserta didik atau anggota pramuka serta pembina di SMA Sekecamatan Kuranj. Penelitian ini adalah evaluasi model CIPP untuk mengetahui program Kepramukan di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Peneitian ini di laksanakan di SMA Sekecamatan Kuranji. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Pembina Pramuka,Pembantu Pembina,Anggota Pramuka. Pengumpulan data dilakukan dengan Dokumentasi, Observasi, dan Wawancara. Data analisis deskriptif dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif , kualitatif. Hasil penelitian menunjukan evaluasi Context, ) Context, materi yang di gunakan dalam program kepramukan sudah mengacu kepada petunjuk penyelenggaran gugus depan, akan tetapi dalam pelaksana pembina masih kesuliatan menyapaikan materi sesuai program yang telah di berikan dengan baik; Input melihat latar belakang Pembina yang ada sudah memiliki sertifikat mahir yang kurang dengan jumlah peserta didik, sedangkan kesesuai sarana prasarana kepramukaan menunjukan tingkat keberagaman yang cukup berbeda beda di setiap sekolah yang berada di Kecamatan Kuranji baik sarana nya memadai maupun sarana prasarana nya yang sangat kurang baik, Proses yang masih kurang, dan Product yang sangat kurang dari program yang telah di tentukan. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa secara umum program kepramukan di SMA Sekecamatan Kuranji telah berpedoman pada petunjuk penyelenggaran gugus depan dan mengarah kepada AD dan ART Gerakan Pramuka, yang di sesuaikan dengan standar nasional Gerakan Kepramukan serta permendikbud RI No 63 Tahun 2014 sangat lah kurang dari semua penelitan yang mengarah pada aspek yang masih kurang dalam mencapai standar yaitu kesesuain materi yang disampaikan, sarana dan prasarana kepramukaan serta pelaksanaan pembelajaran program kepramukaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamrah, DamrahUNSPECIFIED
CorrectorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, WilladiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: M KEPRAMUKAAN DI GUGUS DEPAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:08
Last Modified: 22 Jun 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44461

Actions (login required)

View Item View Item