Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo.

Purbaya, Ivan Adhi (2022) Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_IVAN_ADHI_PURBAYA_19199024_6411_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pelepar Ilir Kabupaten Bungo, terlihat bahwa kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurang maksimalnya kompetensi guru sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan melihat 4 kompetensi guru penjas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pelepar Ilir Kabupaten Bungo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian gabungan (mixed methods) yang berbentuk sequential explanatory. Langkah pertama dalam penelitian ini dengan metode kuantitatif sedangkan langkah kedua dengan menggunakan kualitatif. Dalam penelitian ini pengambilan informasi penelitain dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling didapat 8 sampel dari 8 sekolah. Teknik dari proses pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentsai. Teknik analisis yang digunakan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilihat dari kompetensi pedagogik dengan presentase persentase 86,71% termasuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari kompetensi kepribadian dengan persentase 87,89% termasuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari kompetensi sosial dengan persentase 82,50% termasuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari kompetensi profesional dengan persentase 82,64% termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil kualitatif dari wawancara yang dilakukan kepada informan kepala sekolah, guru, dan pengawas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo dinyatakan bahwa kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilihat dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan dilihat dari kompetensi profesional sama-sama sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirdaus, KemalUNSPECIFIED
CorrectorAlnedral, AlnedralUNSPECIFIED
CorrectorBafirman, BafirmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:05
Last Modified: 22 Jun 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44459

Actions (login required)

View Item View Item