Hubungan antara Tingkat Pengetahuan, Pemahaman dan Sikap Siswa SMP Negeri Di Kota Padang Tentang Tindak Kekerasan Bullying Terhadap Anak

Ramayani, Ramayani (2022) Hubungan antara Tingkat Pengetahuan, Pemahaman dan Sikap Siswa SMP Negeri Di Kota Padang Tentang Tindak Kekerasan Bullying Terhadap Anak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RAMAYANI_18161054_7281_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena kekerasan terhadap anak sering terjadi di lingkungan pendidikan. Sekolah sebagai salah satu pranata pendidikan yang seharusnya betujuan untuk memanusiakan manusia juga tidak terlepas dari kasus-kasus kekerasan terhadap anak. Tujuan peneliti ini ingin melihat pengetahuan, pemahaman dan sikap siswa SMP tentang tindak kekerasan Bullying di sekolah, karena sebagian besar siswa tersebut tahu apa itu kekerasan Bullying, namun mereka belum paham dengan akibat dari tindakan kekerasan Bullying tersebut. Jenis penelitian dilihat dari metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 8 Padang sebagai perwakilan SMP Negeri yang terletak di pusat Kota Padang. Kemudian di SMP Negeri 23 dan SMP Negeri 38 sebagai perwakilan dari SMP Negeri yang terletak didaerah pinggiran Kota. Sampel responden dalam penelitian ini adalah random sampling. Analisa penelitian menggunakan teori dan beberapa artikel yang terkait dengan penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner. Data di analisis dengan menggunakan statistik, dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian 1) Variabel pengetahuan mempunyai nilai sign 0.007 < signifikansi 0.05, pengetahuan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap sikap artinya semakin baik pengetahuan tentang tindakan kekerasan bullying maka semakin baik sikap dalam mengantisipasi dan mencegah bullying, 2) Variabel pemahaman mempunyai nilai sign 0.000 < signifikansi 0.05, pemahaman mempunyai pengaruh positif dan signifikansi terhadap sikap artinya Artinya semakin baik pemahaman siswa terhadap bullying maka semakin baik sikap siswa terhadap bullying. 3) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan yaitu 0.000 < 0.05, variabel pengetahuan dan pemahaman berpengaruh positif dan signifikansi secara bersama-sama terhadap sikap. Artinya pengetahuan dan pemahaman serta sikap yang baik tentang bullying mampu menghindari terjadinya bullying di sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmariza, FatmarizaUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorEfi, AgustiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TINDAK KEKERASAN BULLYING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:04
Last Modified: 22 Jun 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44453

Actions (login required)

View Item View Item