Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA

Fitriani, Yosa (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YOSA_FITRIANI_17205048_7549_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning yang valid, praktis dan efektif serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI SMA. Perangkat pembalajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plom yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pengembangan prototype (prototyping phase), dan fase penilaian (asseement phase). Pada fase investigasi awal dilakukan pengumpulan data yang bertujuan sebagai pedoman dalam merancang perangkat pembelajaran. Fase pengembangan prototype bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran valid, praktis dan efektif melalui tahapan evaluasi formatif yaitu, evaluasi sendiri (self-evaluation), evaluasi satu – satu (one-to-one evaluation) dan evaluasi kelompok kecil (small group evaluation). Fase penilaian dilakukan dengan memberikan tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMA kelas XI d a n guru yang mengajar di kelas XI tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan selama penelitian adalah lembar observasi, pedoman wawancara, angket, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Sebelum instrumen digunakan dalam pengumpulan data terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator. Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP dan LKPD matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning yang dikembangkan telah valid dari segi isi dan kontruk sesuai dengan expert review. Perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning praktis dari segi kemudahan dalam penggunaan dan waktu. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil analisis data observasi keterlaksanaan pembelajaran, wawancara dengan peserta didik dan angket respon peserta didik. Perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning juga efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMA kelas XI

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:11
Last Modified: 21 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44443

Actions (login required)

View Item View Item