Pengembangan E–LKPD Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 14 Padang

Frisilla, Sonya (2022) Pengembangan E–LKPD Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SONYA_FRISILLA_19176013_6575_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Persaingan yang muncul di era globalisasi harus dipenuhi dengan menyediakan orang-orang yang berkualifikasi tinggi, yaitu mereka yang dapat berpikir, bekerja, berkomunikasi dan memperoleh informasi dan teknologi untuk bekerja. Adanya persaingan ini di era digitalisasi, maka pada bidang pendidikan dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis guided discovery learning pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, serta menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas dari bahan ajar E-LKPD kesetimbangan kimia yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan educational design research dengan menggunakan model Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket validitas, praktikalitas, dan hasil belajar. E-LKPD divalidasi oleh enam orang validator ahli materi dan tiga orang ahli media. Subjek uji praktikalitas dan efektivitas yaitu tiga orang guru SMA di kota Padang dan 40 orang peserta didik di SMAN 14 Padang. Uji validitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V dan praktikalitas dianalisis menggunakan persen praktikalitas. Hasil uji efektivitas dianalisis dengan formula N-Gain dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil validitas ahli materi diperoleh nilai 0,84 dengan kategori sangat valid dan validitas ahli media diperoleh nilai 0,88 dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh nilai sebesar 84,87 dan 79,55 dengan kategori sangat praktis dan praktis. Hasil efektivitas menunjukkan bahwa E-LKPD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dibuktikan dengan peningkatan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis guided discovery learning pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AnandaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:11
Last Modified: 21 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44441

Actions (login required)

View Item View Item