Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model POE untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

Amelia, Rini (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model POE untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RINI_AMELIA_20175022_8091_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan perangkat pembelajaran berupa RPP dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) belum merangsang peningkatan KPS peserta didik, belum memuat penggunaan model POE, dan instrumen penilaian belum maksimal menilai KPS peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektivitas perangkat pembelajaran menggunakan model POE untuk meningkatkan KPS peserta didik. Jenis penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar self evaluation, validasi, lembar praktikalitas peserta didik dan guru, lembar observasi sikap, tes essay berbasis KPS dan lembar observasi KPS. Teknik analisis data untuk menguji valid dan praktis menggunakan deskriptif persentase. Sedangkan untuk menguji efektivitas produk menggunakan uji perbandingan dua kelompok independen kelas eksperimen dan kontrol dengan uji t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan 70. Hasil penelitian pada tahap penelitian pendahuluan diperoleh bahwa analisis kebutuhan, analisis peserta didik dan analisis materi diperlukan untuk menjadi acuan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model POE. Hasil penelitian pada tahap desain diperoleh perangkat pembelajaran dirancang menggunakan model POE. Hasil tahap pengembangan RPP memenuhi kiteria valid 0,89, LKPD memenuhi kriteria valid 0,82 dan instrumen penilaian memenuhi kriteria valid 0,83. Hasil tahap implementasi RPP memenuhi kriteria sangat praktis dari angket respon guru sebesar 84,82 %. Hasil tahap implementasi LKPD memenuhi kriteria sangat praktis dari angket respon guru adalah 85,71% dan peserta didik 80,41% dengan kriteria praktis. Hasil realibilitas instrumen penilaian KPS r11= 1,50 menunjukkan Instrumen peniaian berada pada kategori sangat tinggi. Tahap evaluasi RPP, LKPD memenuhi kriteria efektif dengan uji perbedaan rata rata KPS peserta didik kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t hitung 5,779. dengan t tabel 1,994. Hal ini berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan KPS peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kompetensi sikap 91,67 % peserta didik berada pada sikap A dan B sedangkan pada kompetensi keterampilan 91,67 % berada diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran menggunakan model POE efektif meningkatkan KPS peserta didik berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorWulan, RatnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL POE-PREDICTION-OBSERVATION-EXPLANATION)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:11
Last Modified: 21 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44438

Actions (login required)

View Item View Item