Pengembangan e-Modul Sifat-Sifat Koligatif Larutan Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 14 Padang.

Nofrianto, Nofrianto (2022) Pengembangan e-Modul Sifat-Sifat Koligatif Larutan Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 14 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NOFRIANTO_19176009_6604_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sifat-Sifat Koligatif Larutan merupakan materi kimia yang mencakup konsep dan perhitungan. Kondisi pandemi covid-19 saat ini sangat berpengaruh pada bidang pendidikan terutama proses pembelajaran di sekolah. Pemerintah memutuskan bahwa pelaksanaan pembelajaran di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan sehingga memerlukan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul sifat-sifat koligatif larutan berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta menentukan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar. e-Modul divalidasi oleh enam orang validator ahli dan diuji cobakan kepada enam orang peserta didik serta 36 orang peserta didik di SMAN 14 Padang. Hasil uji validitas konstruk dan teknikal dianalisis dengan formula Aiken’s V. Hasil praktikalitas e-modul dianalisis dengan formula praktikalitas dan hasil uji efektifitas e-modul dianalisis dengan formula N-Gain. Hasil validitas e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0.84 dengan kategori sangat valid. Hasil Praktikalitas e-modul oleh guru dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 0.90 dan 0,88 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas hasil belajar e-modul diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul sifat-sifat koligatif larutan berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLatisma Dj, Latisma DjUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AnandaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SIFAT-SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERBASIS-GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:11
Last Modified: 21 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44437

Actions (login required)

View Item View Item