Pengembangan Penuntun Praktikum Pengenalan dan Teknik Laboratorium Biologi Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Mahasiswa

Azri, Harizqi (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Pengenalan dan Teknik Laboratorium Biologi Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_HARIZQI_AZRI_19177013_7010_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Laboratorium adalah suatu tempat tertutup atau terbuka untuk melakukan percobaan atau penelitian, diketahui bahwa untuk melaksanakan praktikum mata kuliah pengenalan dan teknik laboratorium biologi di STKIP PGRI Sumatera Barat, dosen pengampu kesulitan untuk mengasah keterampilan mahasiswa pada materi penggunaan alat dan bahan, pengawetan sampel, dan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja,penuntun praktikum yang digunakan selama ini belum mengasah keterampilan mahasiswa, dan lebih menekankan pada hasil praktikumnya dari pada proses Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahapan investigasi awal, tahap pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validitas penuntun praktikum, praktikalitas (dosen dan mahasiswa) dan efektifitas (psikomotor mahasiswa). Uji coba lapangan dilakukan pada 15 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Data dianalisis secara deskriptif dengan mempresentasikan hasil yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian pengembangan penuntun praktikum pengenalan dan teknik laboratorium biologi berbasis saintifik untuk mahasiswa didapatkan hasil sangat valid dengan nilai 84,46. Praktikalitas sangat praktis menurut dosen dengan nilai 90.20 dan praktis menurut mahasiswa dengan nilai 93.4 dan sangat efektif dengan dibuktikan meningkatnya kompetensi psikomotor mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhda, YuniUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorRazak, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENUNTUN PRAKTIKUM PENGENALAN- TEKNIK LABORATORIUM BIOLOGI BERBASIS SAINTIFIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:10
Last Modified: 21 Jun 2023 06:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44433

Actions (login required)

View Item View Item