Pengembangan Emodul Fisika SMA Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Mitigasi Bencana Kekeringan untuk Meninggkatkan Kompetensi Peserta Didik

Fourilla, Fourilla (2022) Pengembangan Emodul Fisika SMA Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Mitigasi Bencana Kekeringan untuk Meninggkatkan Kompetensi Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FOURILLA_17175041_7610_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang berpotensi dilanda bencana kekeringan. Kekeringan berkepanjangan berdampak pada gagal panen lahan pertanian dan menurunnya cadangan makanan serta dapat berimbas pada kestabilan pangan nasional. Pemahaman akan bencana kekeringan dapat diberikan melalui mitigasi bencana kekeringan dan dimuat dalam media pembelajaran yang digunakan di sekolah. Salah satu media pembelajaran yang mendukung pembelajaran dari rumah agar terhindar dari Pandemi Covid-19 saat ini adalah e-modul. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis inquiry based learning terintegrasi mitigasi bencana kekeringan untuk meninggkatkan kompetensi peserta didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Develompment (R&D). Pengembangan e-modul mengacu pada model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap yakni preliminary research phase, development or protyping phase, dan assessment phase. Data penelitian ini adalah data analisis kebutuhan, validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Instrument penilaian ialah angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar penilaian diri, soal objektif dan lembar penilaian kinerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis preliminary research, analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas. Hasil penelitian adalah e-modul fisika SMA berbasis inquiry based learning terintegrasi mitigasi bencana kekeringan untuk meninggkatkan kompetensi peserta didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Implikasi penelitian adalah e-modul fisika SMA berbasis Inquiry based learning terintegrasi mitigasi bencana kekeringan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran fisika di SMA, sehingga guru memiliki media pembelajaran yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: S INQUIRY BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:09
Last Modified: 21 Jun 2023 06:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44432

Actions (login required)

View Item View Item