Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Konteks terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan

Jaully, Almarettha (2023) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Konteks terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_ALMARETTTHA_JAULLY_18033027_2595_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 tidak hanya mengasah kemampuan kognitif, tetapi mencakup kemampuan 4C salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang belum mengasah kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu solusi yang diajukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan menggunakan video pembelajaran berbasis konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis konteks terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yaitu posttest-only control design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Solok Selatan. Pengambilan sambel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih Kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah data kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk soal essay sebanyak 5 butir soal. Teknik analisis data yang dilakukan pada uji hipotesis adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, didapatkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Video Pembelajaran Berbasis Konteks, Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:17
Last Modified: 21 Jun 2023 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44422

Actions (login required)

View Item View Item