Pengembangan Media Presentasi Menggunakan Microsoft Sway Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Perubahan Lingkungan Untuk SMA

Monica, Sandra (2023) Pengembangan Media Presentasi Menggunakan Microsoft Sway Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Perubahan Lingkungan Untuk SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_SANDRA_MONICA_18031113_2445_2023_(20 Mar).pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri peserta didik. Namun, hal ini belum terlaksana sepenuhnya di SMAN 14 Padang. Salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah dengan pengembangan media presentasi menggunakan Microsoft Sway bermuatan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas media presentasi menggunakan Microsoft Sway bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi Perubahan Lingkungan Untuk SMA. Pengembangan media presentasi menggunakan Microsoft Sway bermuatan pendekatan kontekstual ini menggunakan model ADDIE. Objek penelitian adalah media presentasi menggunakan Microsoft Sway bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi perubahan lingkungan untuk SMA. Subjek penelitian adalah validator dan peserta didik. Validator terdiri dari dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan seorang guru Biologi SMAN 14 Padang. Subjek ujicoba adalah seorang guru Biologi dan 36 peserta didik kelas X SMAN 14 Padang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validitas dan praktikalitas produk. Data yang didapatkan dari hasil validitas dan praktikalitas dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai rata-rata kevalidan dari aspek penyajian, isi, dan bahasa adalah 90,10%, dengan kriteria sangat valid. Sedangkan nilai rata-rata kepraktisan dari aspek kemudahan penggunaan, manfaat, daya tarik, dan efisiensi waktu pembelajaran adalah 91,76% dengan kriteria sangat praktis oleh guru dan 88,43%, dengan kriteria sangat praktis oleh peserta didik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media presentasi menggunakan Microsoft Sway bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi perubahan lingkungan untuk SMA dinyatakan sangat valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Presentasi, Microsoft Sway, Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:17
Last Modified: 21 Jun 2023 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44420

Actions (login required)

View Item View Item