Potensi Kawasan Wisata Pantai Binasi di Desa Pasar Sorkam Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatra Utara

Cantika, Yayang Firdianda (2023) Potensi Kawasan Wisata Pantai Binasi di Desa Pasar Sorkam Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatra Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Yayang_Firdianda_Cantika_18136143_2354_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketersedian (1) atraksi wisata di kawasan wisata Pantai Binasi, (2) akses dari pusat Ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah dan dari perbatasan Aceh-Saragih menuju kawasan wisata Pantai Binasi, (3) fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Pantai Binasi, dan (4) kelembagaan pendukung yang tersedia di kawasan wisata Pantai Binasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksankan pada Mei 2022 di Pantai Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data dilakukan teknik triangulasi . Analisis data yang di gunakan adalah analis kualitatif meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan (1) atraksi wisata yang terdapat di kawasan wisata Pantai Binasi, terdiri dari (a) atraksi alam berupa hutan mangrove, pohon pinus dan pemandangan indah ke laut, (b) atraksi budaya-sejarah berupa rumah raja Sorkam, beberapa peninggalan kerajaan Sorkam pada tahun 1700-an, dan peninggalan penyiar agama di Sorkam dan Barus pada abad 7 M, (c) atraksi buatan berupa konservasi penyu, festival sepeda, perlombaan, taman, lokasi memancing dan lokasi foto. (2) akses dari pusat Ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah menuju kawasan wisata Pantai Binasi melalui jalur darat mempunyai jarak 54 km, dimana dapat di tempuh dalam waktu 1:41 menit, kemudian dari perbatasan Aceh-Saragih menuju kawasan wisata Pantai Binasi melalui jalur darat mempunyai jarak 69 km, dimana dapat di tempuh dalam waktu 1:52 menit. (3) fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Pantai Binasi seperti pondok dan toilet, selain itu tersedia fasilitas di sekitar kawasan wisata Pantai Binasi seperti hotel dan non hotel. (4). Di Pantai Binasi terdapat dua kelembagaan yang mendukung kegiatan ke pariwisataan berupa kelompok sadar wisata dan organisasi pemuda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorYulfa, ArieUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:45
Last Modified: 20 Jun 2023 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44402

Actions (login required)

View Item View Item