Pengembagan Model Buku Cerita Sains dalam Pengenalan Literasi Anak Usia Dini Berbasis Budaya Alam Minangkabau

Marni, Sofia (2022) Pengembagan Model Buku Cerita Sains dalam Pengenalan Literasi Anak Usia Dini Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SOFIA_MARNI_18330043_6650_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan latar belakang hasil penelitian singkat tentang Pengenalan Filosofis budaya alam Minangkabau alam takambang jadi guru melalui pendekatan saintifik yang dilakukan pada 16 TK kota Bukittinggi pada awal Tahun 2019 dan beberapa penelitian terkait tentang pengenalan sains anak ataupun pengembangan buku cerita dalam Pengenalan budaya Minangkabau dalam pembelajaran anak usia dini. Hasil observasi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bukittinggi awal 2020 dan sampel pada 3 TK dan diperoleh data tidak tersedia buku cerita sains dalam Pengenalan literasi berbasis budaya alam Minangkabau. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan model buku cerita sains dalam pengenalan literasi anak usia dini berbasis budaya alam Minangkabau yang dilakukan di kota Bukittinggi. Sampel penelitian dari 3 TK dan penelitiandan merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model Borg and Gall. Penelitian dan pengembangan dilakukan dalam sepuluh langkah dengan empat tahapan, yaitu 1) analisis ; analisis kebutuhan dalam bentuk observasi ketersediaan buku cerita sains dalam Pengenalan literasi anak usia dini berbasis budaya alam Minangkabau. Selanjutnya analisis materi pembelajaran, dan analisis lingkungan, 2) desain yang dibagi menjadi tiga Langkah, pengumpulan data, Flowchart dan storyboard, 3) pengembangan buku cerita sains melalui validasi tiga orang ahli, ahli media/ilustrasi gambar, ahli budaya alam Minangkabau dan ahli cerita anak. terjadi beberapa revisi sesuai hasil validasi, selanjutnya tahapan 4) implementasi melalui uji coba produk kepada peserta didik daam bentuk uji pratikalitas dan uji efektivitas pada anak, baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Hasil validasi dan uji kepraktisan dan uji efektivitas, diperoleh hasil pengembangan model buku cerita sains dalam Pengenalan literasi anak usia dini berbasis budaya alam Minangkabau layak digunakan dalam pembelajaran anak usia dini/TK

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorDadan, suryanaUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL BUKU CERITA SAINS-LITERASI ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:29
Last Modified: 19 Jun 2023 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44376

Actions (login required)

View Item View Item