Pengembangan Modul Digital Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Hajar, Siti (2022) Pengembangan Modul Digital Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SITI_HAJAR_19124053_6996_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa sehingga siswa sulit untuk menyimpulkan pembelajaran yang di lakukan secara daring dimana media yang digunakan belum mampu menfasilitasi siswa di dalam proses belajar mandiri sehingga siswa kurang memahami konsep dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media yang dikembangkan berupa modul digital untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa kelas V. Media yang dikembangkan di uji cobakan di kelas V SDN 001 Kabun, Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 21 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket, tes, lembar pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil uji validitas modul yaitu 3,70 dengan kategori sangat valid, uji validitas RPP memperoleh nilai 3,80 dengan kategori sangat valid (2) Kepraktisan modul dianalisis melalui implementasi dalam pembelajaran yang dinilai oleh guru dan siswa, hasil praktikalitas guru yaitu 89% dengan kategori sangat praktis dan siswa yaitu 90% dengan kategori sangat praktis (3) Efektifitas modul yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa didapatkan nilai N-gain 0,89 dikategori “Tinggi”, dan pada sikap ilmiah siswa yaitu 75% kategori baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul digital berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efekti

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:48
Last Modified: 19 Jun 2023 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44371

Actions (login required)

View Item View Item