Hajar, Siti
(2022)
Pengembangan Modul Digital Berbasis Problem Based
Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa
Kelas V Sekolah Dasar.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan
sikap ilmiah siswa sehingga siswa sulit untuk menyimpulkan pembelajaran yang
di lakukan secara daring dimana media yang digunakan belum mampu
menfasilitasi siswa di dalam proses belajar mandiri sehingga siswa kurang
memahami konsep dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan modul digital berbasis problem based learning untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa kelas V sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima
tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Media yang dikembangkan berupa modul digital untuk meningkatkan pemahaman
konsep dan sikap ilmiah siswa kelas V. Media yang dikembangkan di uji cobakan
di kelas V SDN 001 Kabun, Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 21 siswa.
Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket, tes, lembar pengamatan
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil uji validitas modul yaitu
3,70 dengan kategori sangat valid, uji validitas RPP memperoleh nilai 3,80
dengan kategori sangat valid (2) Kepraktisan modul dianalisis melalui
implementasi dalam pembelajaran yang dinilai oleh guru dan siswa, hasil
praktikalitas guru yaitu 89% dengan kategori sangat praktis dan siswa yaitu 90%
dengan kategori sangat praktis (3) Efektifitas modul yang digunakan dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa didapatkan nilai N-gain 0,89 dikategori
“Tinggi”, dan pada sikap ilmiah siswa yaitu 75% kategori baik. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan modul digital berbasis masalah untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa kelas V SD yang
dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efekti
Actions (login required)
|
View Item |