Kurnia, Ririn Sri
(2022)
Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman
Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang
dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dan
peserta didik kurang diarahkan untuk memahami bacaan sehingga peserta didik
mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dan
menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan
pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question di
kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini
menggunakan model Plomp (Preliminary Research, Prototyping Phase, and
Assesment Stage). Prototype yang telah didesain, dilanjutkan dengan self
evaluation oleh peneliti dan dilanjutkan dengan expert review evaluation oleh 3
orang ahli. Prototype diujicoba dengan metode one to one dan Small Group pada
peserta didik SDN 002 Koto Peraku. Prototype yang dievaluasi dilajutkan
dengan ujicoba dengan metode field test I di kelas VA SDN 008 Kompe Berangin
untuk mengetahui praktikalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas bahan
ajar yang dikembangkan dilakukan ujicoba dengan metode field test II di kelas
VB SDN 008 Kompe Berangin Kabupaten Kuantan Singingi.
Berdasakan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh
tingkat validitas bahan ajar masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan
ujicoba dengan metode one to one, small group, dan field test I diketahui bahwa
tingkat praktikalitas berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari
keterlaksanaan RPP, respon peserta didik dan guru. Selanjutya, dari hasil
aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, dan
bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sudah efektif dalam
penggunaannya ketika proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan
pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question di
kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Diharapkan bahan ajar
membaca pemahaman pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan
strategi The Big Question pada materi lain mendapatkan hasil yang lebih
sempurna
Actions (login required)
|
View Item |