Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar

Kurnia, Ririn Sri (2022) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RIRIN_SRI_KURNIA_16124068_7939_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dan peserta didik kurang diarahkan untuk memahami bacaan sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dan menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question di kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Plomp (Preliminary Research, Prototyping Phase, and Assesment Stage). Prototype yang telah didesain, dilanjutkan dengan self evaluation oleh peneliti dan dilanjutkan dengan expert review evaluation oleh 3 orang ahli. Prototype diujicoba dengan metode one to one dan Small Group pada peserta didik SDN 002 Koto Peraku. Prototype yang dievaluasi dilajutkan dengan ujicoba dengan metode field test I di kelas VA SDN 008 Kompe Berangin untuk mengetahui praktikalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dilakukan ujicoba dengan metode field test II di kelas VB SDN 008 Kompe Berangin Kabupaten Kuantan Singingi. Berdasakan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh tingkat validitas bahan ajar masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba dengan metode one to one, small group, dan field test I diketahui bahwa tingkat praktikalitas berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon peserta didik dan guru. Selanjutya, dari hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, dan bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sudah efektif dalam penggunaannya ketika proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question di kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Diharapkan bahan ajar membaca pemahaman pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question pada materi lain mendapatkan hasil yang lebih sempurna

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNellitawati, NellitawatiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR- THE BIG QUESTION
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:47
Last Modified: 19 Jun 2023 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44370

Actions (login required)

View Item View Item