Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Peningkatan Self Efficacy Siswa di Era New Normal

Syamal, Fitriani (2022) Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Peningkatan Self Efficacy Siswa di Era New Normal. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FITRIANI_SYAMAL_20151012_8136_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peralihan pembelajaran online yang berlansung selama Covid-19 menuntut siswa beradaptasi dengan pembelajaran di era new normal, yang tidak jarang menimbulkan berbagai masalah, seperti siswa merasa tidak mampu mengikuti pelajaran tanpa adanya usaha untuk memperbaiki diri, ketidakmampuan siswa menyelesaikan materi pelajaran yang belum selesai disampaikan guru serta diganti dengan tugas lain, sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah standar yang diharapkan dan memerlukan remedial, serta merasakan tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak. Berkaitan dari berbagai masalah tersebut adaptasi pembelajaran di era new normal bersumber dari permasalahan keyakinan diri (self efficacy). Penyelenggaraan layanan bimbingan kelompok sudah terlaksana, akan tetapi siswa belum mendapatkan layanan bimbingan kelompok sesuai sasaran dan belum ada menggunakan pendekatan atau teknik khusus. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan self efficacy siswa sebelum dibandingkan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy, (2) menganalisis perbedaan sebelum dibandingkan sesudah mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) menganalisis perbedaan self efficacy siswa sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy dibandingkan yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP sebanyak 202 orang, dan diambil 20 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan self efficacy siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy, (2) terdapat perbedaan yang signifikan self efficacy siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan yang signifikan self efficacy siswa yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy dan mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus. Oleh karena itu, bimbingan kelompok pendekatan cognitive behavior therapy efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa di era new normal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNelviyarni, NelviyarniUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT)- SELF EFFICACY SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:37
Last Modified: 19 Jun 2023 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44368

Actions (login required)

View Item View Item