Keefektifan Kalimat dalam Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Sarolangun

Oktariani, Delvina (2022) Keefektifan Kalimat dalam Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_DELVINA_OKTARIANI__18016050_5420_2022.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah keefektifan kalimat dalam teks ceramah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sarolangun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam teks ceramah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sarolangun yang ditinjau dari segi penalaran dan kebahasaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang ditulis dalam teks ceramah oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sarolangun. Sumber data dalam penelitian ini adalah 20 tugas siswa dalam menulis teks ceramah. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik pancing. Kehadiran dalam penelitian ini sebagai instrumen pengumpulan data (human instrument). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pancing, dimana peneliti akan berkomunikasi untuk menggali dan mendapatkan hasil data murni tulisan siswa pada saat pengambilan data. Hasil penelitian membuktikan bahwa dari kalimat-kalimat yang dianalisis, ditemukan sebagian kecil kalimat efektif dan sebagian besar kalimat yang tidak efektif. Kalimat tergolong efektif karena memenuhi dua syarat, yaitu ketepatan penalaran dan ketepatan kebahasaan. Sebagian besar kalimat tidak efektif disebabkan disebabkan tidak memenuhi syarat ketepatan penalaran dan ketepatan kebahasaan. Sebagian besar kalimat yang tidak memenuhi syarat ketepatan kebahasaan sisebabkan oleh ketidaktepatan ejaan. Berdasarkan hasil temuan dari 246 kalimat yang diteliti, terdapat 92 kalimat efektif dan 154 kalimat tidak efektif dengan 203 kesalahan. Dari 203 kesalahan tersebut, 5 kesalahan terdapat pada segi penalaran dan sebanyak 198 kesalahan dari segi kebahasaan. Artinya kesalahan yang menyebabkan kalimat menjadi tidak efektif sebagian besar disebabkan karena indikator tepat kebahasaan. Dapat disimpulkan bahwa secara umum siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sarolangun belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam menulis teks ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErmawati, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEEFEKTIFAN KALIMAT, TEKS CERAMAH
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:54
Last Modified: 14 Jun 2023 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44316

Actions (login required)

View Item View Item