Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Tentang Materi Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Panyabungan Selatan

Aminah, Siti (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Tentang Materi Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Panyabungan Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_SITI_AMINAH_18031115_975_2023_(8 Feb).pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik. Permasalahan di SMAN 1 Panyabungan Selatan yaitu kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, belum diterapkannya model pembelajaran yang bervariasi, dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran inkuiri tentang materi perubahan lingkungan pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik Kelas X MIA SMAN 1 Panyabungan Selatan tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah peserta didik Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal posttest dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data yaitu menggunakan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan setelah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,03 dan kelas kontrol 72,85. Uji normalitas pada kelas eksperimen yaitu 0,081 dan kelas kontrol 0,201. Uji homogenitas data kedua kelas yaitu homogen dengan nilai 0,103. Analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,047<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri tentang materi perubahan lingkugan berpengaruh positif berarti terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X di SMAN 1 Panyabungan Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Biologi, Hasil Belajar, Inkuiri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:30
Last Modified: 14 Jun 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44309

Actions (login required)

View Item View Item