Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Pembelajaran Sistem Imunitas Berorientasi Mitigasi Bencana COVID-19

Maulida, Shalsabila (2023) Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Pembelajaran Sistem Imunitas Berorientasi Mitigasi Bencana COVID-19. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_SHALSABILA_MAULIDA_18031171_1620_2023_(20 Feb).pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Infeksi virus COVID-19 telah menyerang manusia dan telah menyebabkan gangguan metabolisme tubuh manusia. Informasi persuasif seputar sistem imunitas merupakan informasi penting yang disosialisasikan oleh berbagai pihak, demi mencegah penularan dan meminimalkan dampak COVID-19. Terbatasnya pengetahuan mengenai sistem imunitas dapat mempengaruhi keresahan dan ketangguhan dalam menghadapi masalah COVID-19. Pembelajaran berorientasi mitigasi bencana COVID-19 diharapkan mampu memberikan pengetahuan dalam meminimalisir resiko bencana COVID-19 pada peserta didik. Materi sistem imunitas termasuk salah satu topik pembelajaran tingkat SMA dan dapat menjadi sumber pengetahuan penting untuk bertahan dalam bencana COVID-19. Faktanya pembelajaran materi sistem imunitas di SMAN 4 Sungai Penuh sering tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Sebagai solusinya guru menginstruksikan untuk mempelajari secara mandiri. Agar peserta didik terbantu belajar mandiri, maka diperlukan media dan pendekatan pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikaitkan dengan dengan permasalahan COVID-19. Penelitian ini bertujuan, untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL dengan pertimbangan ada relevansi antara permasalahan kehidupan nyata yang dialami oleh peserta didik dengan materi pembelajaran disekolah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian terdiri dari dua ahli bidang pembelajaran biologi, satu orang guru biologi, dan 35 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Sungai Penuh. Data penelitian ini berupa data validasi dan praktikalitas, Data ini termasuk data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui instrumen penelitian berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menginformasikan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL untuk pembelajaran sistem imunitas berorientasi mitigasi bencana COVID-19 mencapai kriteria valid dan sangat praktis. Rata-rata nilai validitas 85,5% dengan kriteria valid dan rata-rata nilai praktikalitas oleh guru 90% dan oleh peserta didik 90%, keduanya dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL untuk pembelajaran sistem imunitas berorientasi mitigasi bencana COVID-19 layak digunakan untuk peserta didik dalam pembelajaran sistem imunitas .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Sistem Imunitas, COVID-19.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:25
Last Modified: 14 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44308

Actions (login required)

View Item View Item