Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN 3 Pariaman

Alti, Rizka Putri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_RIZKA_PUTRI_ALTI_21177022_1574_2023.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada pola pembelajaran student center, pembelajaran aktif, dan pembelajaran kooperatif. Berdasarkan observasi di SMAN 3 Pariaman ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru pada proses pembelajaran yang belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 diantaranya pola pembelajaran terpusat pada peserta didik, model pembelajaran kurang bervariasi, serta hasil belajar peserta didik tergolong rendah yaitu di bawah KKM (<76), dan penilaian oleh guru masih terbatas pada ranah pengetahuan sedangkan ranah sikap dan keterampilan belum terperhatikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memberikan solusi untuk menerapkan model pembelajaran two stay two stay berbasis pendekatan saintifik sesuai tuntutan kurikulum 2013 yang dapat menilai semua ranah kompetensi peserta didik yaitu ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan yaitu randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 3 (kelas kontrol). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis ranah pengetahuan menggunakan uji t sedangkan uji hipotesis ranah sikap dan keterampilan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran two stay two stray berbasis pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kompetensi ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik kelas XI SMAN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Peserta Didik, Model Two Stay Two Stray, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:24
Last Modified: 14 Jun 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44305

Actions (login required)

View Item View Item