Pengaruh Pembelajaran Social Interaction Model Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Batang Kapas, Pesisir Selatan

Febri, Nadila Valentina (2022) Pengaruh Pembelajaran Social Interaction Model Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NADILA_VALENTINA_FEBRI_18045019_217_2023.pdf

Download (899kB) | Preview

Abstract

Social interaction model merupakan suatu metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk mengkaji atau menganalisis suatu fenomena yang ada di lingkungan sekitar. Model pembelajaran ini berkaitan dengan hubungan antara individu yang satu dengan yang lainnya yang nantinya akan menumbuhkan sikap kooperatif siswa, sehingga dalam kerjasama yang terjalin akan tumbuh ide- ide baru ketika proses pembelajaran berlangsung dan permasalahan yang ada akan terpecahkan dan tujuan pembelajaran juga tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pegaruh pembelajaran social interaction model terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian adalah total sampling dengan jumlah sampel 62 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 26. Teknik pengambilan data berupa wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar yaitu dengan menggunakan pretest and posttest. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji uji linear dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan Hasil penelitian ini hipotesis yang diterima dengan menggunakan uji T, dimana hasil yang diperoleh dengan sig.(2-tailed) sebesar dengan taraf signifikan 0.005. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dalam menggunakan Social Interaction Model dalam pembelajaran. Hasil belajar peserta didik lebih tinggi dengan nilai gain 0,67 yang tergolong cukup efektif dibandingkan dengan menggunakan model konvensional dengan nilai gain 0,54 yang tergolong kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Social Interaction Model, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:01
Last Modified: 14 Jun 2023 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44296

Actions (login required)

View Item View Item