Pengembangan Game Edukasi Berorientasi Quartet Card Tentang Protista untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Putri, Nur Hasnah (2023) Pengembangan Game Edukasi Berorientasi Quartet Card Tentang Protista untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_NUR_HASNAH_PUTRI_SD_18031076_3013_2023_(10 Mei).pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi menyebabkan permasalahan pada peserta didik. Selain itu, kurangnya keterlibatan peserta didik dalam penggunaan media pembelajaran membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami bahasa-bahasa latin, gambar, dan kesulitan dalam mengelompokkan protista. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang menarik untuk membantu peserta didik dalam memahami materi protista. Media pembelajaran tersebut adalah Game edukasi berorientasi quartet card. Penelitian ini bertujuan menghasilkan game edukasi berorientasi quartet card tentang protista untuk peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP, 2 orang guru biologi, dan 32 orang peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Objek penelitian ini adalah Game Edukasi Berorientasi Quartet Card tentang Protista untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket observasi, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, game edukasi yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 88,95% yang dinilai dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan pada uji validitas. Ditinjau dari uji praktikalitas terbatas, game edukasi yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 90,76% oleh guru dan 90,22% oleh peserta didik yang dinilai dari aspek kemudahan penggunaan, manfaat, dan daya tarik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkna bahwa telah dihasilkan game edukasi berorientasi quartet card tentang Protista untuk Peserta Didik Kelas X SMA yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Protista
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:56
Last Modified: 14 Jun 2023 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44295

Actions (login required)

View Item View Item