Bunda, Thessia Permata
(2022)
Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan suatu bentuk penundaan dalam
memulai maupun mengerjakan tugas-tugas akademik dalam batas waktu yang
telah ditetapkan, yang meliputi tugas menulis paper, belajar persiapan ujian, tugas
bacaan, tugas administratif, menghindari pertemuan sekolah serta menyelesaikan
tugas secara umum. Salah satu faktor yang diduga dapat mempengaruhi
prokrastinasi akademik adalah manajemen waktu. Penelitian ini bertujuan untuk :
(1) mendeskripsikan manajemen waktu, (2) mendeskripsikan prokrastinasi
akademik dan (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara
manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa di SMA Pertiwi 1
Padang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Pertiwi 1
Padang kelas XI dan XII pada semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2022/2023
yang berjumlah 503 orang siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 223 orang siswa
yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dengan model skala Likert. Analisis data menggunakan
teknik deskriptif dengan persentase dan teknik korelasional dengan Pearson
Product Moment.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : (1) manajemen waktu siswa
berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,43%, (2) prokrastinasi akademik
siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 44,84%, dan (3) terdapat
hubungan yang negatif dan signifikan antara manajemen waktu dengan
prokrastinasi akademik siswa dengan koefisien korelasi -0,510 dan nilai signifikan
0,000 dengan tingkat hubungan sedang. Implikasi dalam bimbingan dan konseling
yaitu layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan bimbingan
kelompok dalam menurunkan lagi tingkat prokrastinasi akademik siswa.
Actions (login required)
|
View Item |