Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Salimpaung tentang Materi Pewarisan Sifat berdasarkan Hukum Mendel.

Adell, Femil (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Salimpaung tentang Materi Pewarisan Sifat berdasarkan Hukum Mendel. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_FEMIL_ADELLA_18031133_3014_2023_(10 Mei).pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan 4C, salah satunya keterampilan berpikir kritis (critical thinking). Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang dapat mengevaluasi dan menganalisis informasi sehingga dapat menentukan informasi yang faktual dalam menarik kesimpulan. Pembelajaran di SMAN 1 Salimpaung sudah berorientasi keterampilan berpikir kritis, namun masih belum optimal dan data mengenai keterampilan berpikir kritis belum diketahui. Oleh karena itu dibutuhkan data mengenai analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Salimpaung tentang Materi Pewarisan Sifat pada Hukum Mendel. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian (essay) tentang materi pewarisan sifat yang merujuk pada aspek berpikir kritis Ennis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Salimpaung secara umum masih dalam kategori sangat rendah. Dilihat dari masing-masing indikator diperoleh keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMAN 1 Salimpaung yaitu indikator merumuskan pertanyaan 40% (sangat rendah), menganalisis argument 46,67% (rendah), mempertimbangkan kerdibilitas sumber 59,17% (rendah), melakukan induksi 21,67% (sangat rendah), melakukan deduksi 41,67% (sangat rendah), membuat dan mempertimbangkan keputusan 20% (sangat rendah), membuat istilah dan definisi 40,83% (sangat rendah) dan menentukan suatu tindakan 24,17% (sangat rendah) sehingga diperoleh rata-rata secara umum 36,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Pewarisan Sifat
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:44
Last Modified: 13 Jun 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44252

Actions (login required)

View Item View Item