Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 1 Kecamatan Kapur IX

Pajria, Femel (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 1 Kecamatan Kapur IX. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_FEMEL_PAJRIA_18031132_2804_2023_(6 Apr).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tantangan yang dihadapi dunia menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C yang salah satunya berpikir kritis, pembiasaan berpikir yang menghasilkan suatu penyempurnaan pola pikir. Pembelajaran yang diterapkan di SMAN 1 Kecamatan Kapur IX sudah berorientasi pada keterampilan berpikir kritis namun belum terlaksana secara optimal, serta belum ada data mengenai tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui instrumen tes yang mengacu pada aspek keterampilan berpikir kritis. Sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik khususnya kelas XII MIPA SMAN 1 Kecamatan Kapur IX pada materi Hubungan Struktur dan Fungsi Gen, Kromosom dan DNA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel simple randome sampling. Data yang diperoleh melalui teknik tes sudah valid dan reliabel melalui uji kualitas soal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes keterampilan berpikir kritis dan angket uji validasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuntitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Kecamatan Kapur IX pada masing-masing indikator: pada indikator merumuskan pertanyaan 43,87% (rendah), indikator menganalisis argumen 43,36% (sangat rendah), indikator mempertimbangkan kredibilitas sumber 38,26% (sangat rendah), indikator melakukan induksi 28,57% (sangat rendah), indikator melakukan deduksi 43,87% (rendah), indikator membuat istilah atau definisi 43,87% (rendah), indikator membuat dan mempertimbangkan keputusan 46,93% (rendah), indikator menentukan suatu tindakan 44,38% (rendah), dengan rata-rata 40,36%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA SMAN I Kecamatan Kapur IX berada pada kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsuriza, SyamsurizaUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Deskriptif, Hubungan Struktur dan Fungsi Gen, Kromosom dan DNA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:43
Last Modified: 13 Jun 2023 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44250

Actions (login required)

View Item View Item